Jumat, 05 Oktober 2012

Perpanjang Paspor On-line

Jadi, udah pada tau lah ya kalo membuat dan perpanjang paspor bisa online.
Tadinya kemaren pas bikin yang fayra mau online juga cuma agak bingung karena harus mencantumkan nomor ID dan itu wajib, bingung nomer apa yang harus ditulis, ternyata bisa masukin nomer akte kelahiran. Tapi ya berhubung kantor imigrasinya juga deket banget dari kantor, langsung dateng aja ngurusin sendiri. Udah gue post disini ceritanya ya.

Juni tahun ini paspor gue habis setelah 5 tahun. berhubung sekarang jangka waktu berlaku paspor minimal 6 bulan sebelum habis kalau kita mau bepergian ke luar negeri, makanya gue perpanjang bulan ini aja. Udah gitu paspor lama gue fotonya masih belom berjilbab dengan rambut rapi hasil nyalon. Jadi inget dulu abis foto paspor langsung nge-date sama Abiw makanya pake acara nyalon dulu, bukan nyalon demi foto paspor loh. Perpanjang paspor mau kemana emang ? Doain yaa ada umur dan rezeki buat hanimun, tapinya bertiga *pindahin fay ke pinggir kasur* hehehe

kalo baca review orang-orang sih udah banyak yang sukses dengan perpanjangan/pembuatan paspor online. Tapi kadang beda kota, beda-beda dikit peraturannya. Ini gue berdasarkan yang gue alami di kantor imigrasi bandung.

Step 1 proses online

1. Proses online di web imigrasi ini , pilih pra permohonan personal
2. Pilih proses penggantian baru - habis masa berlaku
3. Jenis paspor : 48 H perorangan , kalo 24H perorangan itu untuk TKI
4. Selanjutnya isi data-data seperti biasa, kalo alamat paspor lama dan alamat sekarang berbeda, nggak apa-apa isi aja di kolom alamat lama
5. Lampirkan scan-an beberapa dokumen yaitu :

    KTP terbaru
    Kartu keluarga atau surat nikah
    Akte kelahiran
    Paspor lama

Dokumen berbentuk Jpg/Jpeg maksimum 2 Mb per dokumen
Kalo ada opsi untuk dokumen-dokumen lain di skip saja, pilih langsung di menu dropdown pilihan dokumen misal surat kewarganegaraan, di skip saja kecuali memang punya.
6. Pilih di kantor imigrasi mana kita akan melakukan perpanjangan
7. Pilih juga kapan waktunya kita akan datang, paling cepat sih 1 hari setelah submit dokumen online, sampai H+7
8. Selesai. bukti permohonan bisa di save/ print pdf otomatis muncul setelah kita klik selesai, kalo nggak muncul jangan kuatir, mereka juga mengirimkan via email sesuai alamat email yang kita cantumkan di awal pendaftaran.
Sempet kejadian gue kemaren pas udah beres, firefox gue error ga bisa langsung kebuka pdfnya. eh ternyata SPRI nya dikirim juga ke email.

Step 2 Cek berkas

Nah di hari yang kita pilih, bisa datang pagi atau sore.
Bawa dokumen-dokumen asli yang dibutuhkan untuk dicek, misalnya :
paspor asli yang akan habis, akte kelahiran, kartu keluarga, KTP, buku nikah. dokumen asli lainnya bisa dibawa kalo menunjang misal ijazah gitu kalo memang ada pebedaan nama
Beli map untuk formulir di koperasi imigrasi. Rp 20.000, mahal yee komersil bener. map udah + sampul paspor yang sebenernya nggak pake sampul juga gapapa koq kalo ga mau beli sampulnya. Trus tetep isi form lagi dan harus ditandatangan sama pemohon, dalam arti pemohon harus dateng. Atau bisa juga seperti gue kemaren, karena buru-buru ke kantor, ambil form kosong trus ttd dan gue ke kantor deh, Abiw yang ke imigrasi nyelesaiin isi form dan ngasihin ke loket. isinya std sama kaya di web juga koq.
Form, surat bukti daftar online yang di print dari email, dan dokumen asli diserahkan ke loket untuk dicek. Oya antrian untuk yang register online dengan manual beda loket loh, lebih cepat. sebentar doang, petugasnya mengambil paspor lama dan memberikan kertas berisi jadwal wawancara dan foto untuk besoknya.

Step 3 wawancara dan foto
Berhubung gue udah hafal medannya, pengalaman bikin paspor fay kemaren kalo siang lebih cepet. gue dateng ke imigrasi jam 13.45, oya mereka tutup sampe jam 15.00 . Pas gue dateng udah agak sepi dan karena gue register online, gue langsung ke loket pembayaran ngasihin bukti buat wawancara+foto, bayar 255.000 trus nunggu 13 menit aja langsung masuk buat difoto, ambil sidik jari 10 jari tangan. dan wawancara standard ditanya mau kemana, cek kebenaran data dan langsung dikasih form pengambilan pasport seminggu kemudian.
Selesai.



Bahagia ya kalo bisa serba online dan cepat gini, biaya transparant dan tapa calo. ya kalo yang mau cepet dan via calo, itu sih pilihan lo yee harganya juga beda. mudah2an ke depan tuh bayarnya bisa transfer bank langsung aja ga pake ke loket dan ga pake isi form lagi *kan udah online paaak...* cuma gue tau merubah sistem itu ga mudah apalagi pemerintahan dan BUMN terutama mengubah budayanya. apalagi suka banyak orang yang "comfort zone" nya terusik dengan sistem online. Pengalaman bener nih gue nanganin project-project yang melibatkan perubahan budaya di suatu perusahaan, susah bangeet kalo nggak di drive dari atas. apeuu deh jadi ngomongin kerjaan.

Oya ada yang nanya kalo kita duah pilih akan datang di hari X dan print buktinya tapi berhalangan, apakah bisa datang di ahri selanjutnya ? jawabannya nggak bisa, harus submit ulang dokumennya. ya tapi karena soft copy nggak susah kan ya.

Source:http://the-syah-family.blogspot.com/2012/02/perpanjang-paspor-online.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar