Sabtu, 29 Mei 2010

Kiat Sukses Memasarkan Toko Buah

Kiat Sukses Memasarkan Toko Buah

Ditulis oleh Iwan Darmawansyah di/pada Juni 13, 2007

Sdr. Dwi Nugraha, terimakasih atas komentarnya. Salut kepada sdr. penjual buah di pinggir jalan tetapi melek TI dan mau belajar. Karena di era informasi ini siapapun yang ingin mampu bersaing harus gemar belajar.

Sehubungan permintaan sdr tentang kiat sukses berdagang buah, bersama ini saya sampaikan beberapa hal :



PRINSIP

1.

Tanamkan sikap optimis, berfikir positif, pantang menyerah, & segera memulai.
2.

Berdagang buah perlu perputaran penjualan yang tinggi. Buah memilik sifat yang mudah berubah, seperti rasa, warna, bau, kekenyalannya dan sebagainya. Intinya buah mudah busuk. Oleh karenanya jangan pernah menjual buah yang busuk. Pelanggan kecewa dan memilih toko lain.



TEKNIS

1.

Memilih segmen pasar sebagai pasar sasaran (pembeli potensial),
2.

Memilih lokasi toko buah
3.

Menyusun daftar pembeli potensial
4.

Menyusun daftar pemasok buah
5.

Menata toko buah secara apik, indah, dan efisien ruang
6.

Merekruit dan melatih pelayan toko
7.

Menyusun daftar dan kelas kualitas barang dagang
8.

Menyusun daftar harga jual berdasarkan kualitas
9.

Menyusun program promosi (selebaran, merek toko, voucher diskon, dsb)
10.

Membangun jaringan dengan pedagang terkait, seperti : Jus buah



STRATEGI (pilih salah satu)

1.

Strategi Paling Beda. Dengan selalu tampil beda, perlahan tapi pasti penjual mampu mencuri perhatian dan “dompet” pembeli. Syarat Berhasil: Harus selalu kreatif dan inovatif serta daya juang yang tinggi/tangguh/ulet.
2.

Strategi Paling Murah. Dengan selalu menjual buah paling murah (harga grosir!), pembeli akan berbondong-bondong datang dan siap menjadi pembeli. Syarat berhasil: Harus selalu mampu menekan biaya operasional serendah mungkit, artinya Pebisnis harus mampu memaksimalkan penggunaan sumberdaya yang ada atau toko buah berjalan pada skala ekonomis (Eksploitasi sumberdaya secara optimal)

Mudah-mudahan bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar