Senin, 31 Mei 2010

Perpanjangan SIM, … pergi ke mobil SIM keliling aza…!!!

Perpanjangan SIM, … pergi ke mobil SIM keliling aza…!!! Maret 23, 2008
Posted by triatmono in Otomotif.
trackback
1 Votes

Quantcast


Well.. mungkin info ini bisa bermanfaat… at least bagi yang pengen perpanjang SIM di Jakarta, bisa.. well prepared…!!! Kalau dulu… biasanya ngurus perpanjangan SIM di Samsat Daan Mogot, .. tapi sekarang sudah bisa mencari mobil SIM keliling yang terdekat…!!! Hal yang perlu dilakukan adalah… mencari tahu lokasi mobil SIM keliling…!!! Cara nya cukup mudah… dengan mengirimkan SMS ke no 1717…!!! Dan tanyakan misalnya ‘Selamat Pagi Pak, Mohon Info SIM keliling ada dimana ?’. Oh ya… berdasarkan pengalaman gue … mengirimkan SMS nya mendekati/setelah jam 8 pagi…!!! :D

Nggak berapa lama ada jawaban,… SIM/STNK TMP Kalibata jaksel, Mall Artha Gading Jakut, Gd. Arsip Nasional Gajah Mada Jakbar, PRJ Kemayoran JP, Masjid At-tin TMII JT. Jam 8.30 – 11.00′. Lokasi itu bisa saza berubah… so pastikan dulu lokasinya dimana…!!! Sekedar tips, jika menunggu di TMP kalibata dan mendapatkan informasi misalnya mobil SIM berhalangan… maka bisa meluncur ke tempat terdekat misalnya ke TMII…!!! Mobil STNK bentuknya seperti bis, sedangkan mobil SIM lebih kecilan mirip minibis…!!! Ini penting kalau ngeliat.. dan mau ngantri… yagh kalau SIM ke mobil SIM dan kalau mau perpanjang STNK yaagh ke mobil STNK…!!!

Kemudian apa yang kudu dibawa…??? Kalau mau perpanjang SIM maka kudu membawa 2 copy KTP. Kalau mau memperpanjang 2 SIM (misalnya SIM A dan C sekaligus), maka kudu membawa 3 copy KTP…!!! Saran gue… sebaiknya sudah siap… jangan berharap mau ngopy KTP dulu… kesuweeeen (kelamaan red.). Nah setelah itu.. yaagh ngantri.. untuk ngambil formulir…!!! Oh ya… sebaiknya mulai ngantri jam 8 sudah sampai nganti didepan mobil SIM…!!! Lebih bagus lagi datang lebih pagi..!!! Naah.. biasanya jam 8.30-an… karena udah pada banyak ngantri… itu formulir udah abizz… !!! So.. kalau dateng jam 9-an… mending pulang aza daaagh…!!!

Pada saat mengantri.. siapkan 2 copy KTP tadi (atau 3 copy KTP untuk perpanjang 2 SIM) disertai dengan SIM asli yang akan diperpanjang…!!! Setelah sampai di depan loket, maka berikan copy KTP tadi dan 1 SIM asli… dan petugas akan mensteples 1 copy KTP dan 1 SIM asli tadi pada lembar formulir…!!! Nagh setelah dapat formulir tersebut langsung diisi… !!! Oh ya… dari rumah kudu bawa ballpoint sendiri… biar ngisinya cepet…!!! Setelah selesai yaagh nunggu untuk dipanggil… masuk ke dalam mobil SIM…!!! Semakin cepet memberikan dan mengembalikan formulir ke petugas semakin cepet bakalan dipanggil…!!!

Setelah dipanggil … langsung masuk ke mobil…!!! Pertama-tama bakalan ditest ngeliat huruf .. (mirip test kaca mata…!!!), setelah oke… tunggu sejenak… dan akan dilakukan pemotoan…!!! Petugas akan meminta untuk menandatangan kertas yang telah ditentukan..!!! Petugas akan mengentry data-data yang ada pada formulir ke dalam komputer…!!! Setelah selesai mengentry, gantian men-scan ibu jari.. baik yang kiri maupun yang kanan….!!! Setelah itu melihat ke kamera untuk dilakukan pemotoan…!!! Selesai itu semua, maka dilakukan pembayaran…!!! Untuk SIM sebesar Rp. 85 rebu rupiah…!!!

Setelah selesai membayar, kita akan mendapatkan kartu asuransi dan kita keluar dan menunggu pemanggilan berikutnya untuk mengambil SIM. Setelah pemotoan, nggak berapa lama.. yaagh sekitar 5 menit.. nama kita dipanggil untuk mengambil SIM. Setelah menerima SIM… maka selesailah… proses perpanjangan SIM…!!! Dari proses tersebut, yang paling penting adalah ngantri ngambil formulir… dan sebaiknya datengnya pagi… jam 8 pagi sudah sampe di depan mobil SIM keliling…!!! Dan jangan lupa siapkan hal-hal yang diperlukan sebagaimana disebutkan diatas… !!! Well,… menurut gue terobosan SIM keliling ini termasuk jempolan… so.. ngurus perpanjangan SIM terbukti efektif dan efisien… !!! :D

Biaya Perpanjangan SIM lewat SIM Keliling
Dear All,

Cuma pengen tahu berapa biaya yang benar benar " resmi " utk perpanjangan SIM A dan C melaluli fasilitas SIM Keliling. Bini Ane baru perpanjang SIM A 120 Rb tapi disitu tidak ada daftar resmi yang ditempelkan pada mobil SIM keliling tsb.Krn menurut PP 31 Tahun 2004 ttg " TARIF ATAS JENIS PENERIMAAN NEGARA BUKAN PAJAK YANG BERLAKU PADA KEPOLISIAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA UMUM biaya resmi adalah sbb:
A. Pembuatan SIM Baru Rp 75000
B. Perpanjangan SIM Rp. 60000

Taruhlah ditambah Biaya Administrasi 10.000 + Biaya Asusransi Jiwa 15.000 maka total adalah 95000.Tapi kok jadi 120 rb ? udah gitu ngga pake kwitansi lagi.Kapan negara ini memberikan kepastian akan pelayanan ?Padahal kita sadar hukum dan membayar ke negara, tapi kok ngga jelas biaya resmi.Harusnya di tiap mobil sim keliling ditempelin biaya resmi beserta breakdownnya. gimana menurut rekan ?
(http://forum.detik.com/showthread.php?t=186419)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar